Tips Menghemat Kuota Internet Android

Tips Menghemat Kuota Internet Android - Malam hari ini saya akan menulis sebuah artikel berupa tips yang sedikit penting bagi pengguna android yaitu "cara menghemat kuota internet" . Tujuan pembuaatan artikel ini supaya anda bisa mengurangi penggunaan data internet agar kuota internet tidak cepat habis.

Ini dia tipsnya :

1. Gunakan Aplikasi Opera Mini


Aplikasi operamini android

Opera Mini merupakan aplikasi browser android yang sangat baik. Opera ini akan melewatkan data internet melalui jaringan pribadi virtual network (VPN) dan mengkompres data sebelum di transfer ke android. Artinya, dengan proses kompresi ini data yang perlu dimuat menjadi kecil sehingga bisa mengurangi penggunaan kuota internet. Opera mengklaim bahwa Opera Mini dapat mengkompres data hingga mencapai 90%.

Untuk mengunakan aplikasi Opera Mini ini sangat mudah sekali. Langkah singkatnya : Download Opera Mini di Playstore, install, buka aplikasi lalu kemudian anda bisa nikmati browsing dengan hemat.

Opera Mini memiliki dua level kompresi data yaitu mode high dan extreme. Opera mengklaim bahwa mode high dapat  mengkompress data hingga mencapai 50%. Sedangkan pada mode extreme dapat mengkompres data internet mencapai 90%. Perbedaan yang cukup luar biasa dari kedua mode tersebut.

Bedanya jumlah kompresi dari kedua mode diatas tentu mempengaruhi karna bisa menjadi berbeda kualitas gambar, video, atau teks yang ditampilkan. Jika Anda ingin browsing hemat namun tetap ingin mempertahankan kualitas gambar atau video dari browsingan anda, maka Anda bisa pilih mode high. Tetapi jika Anda ingin menggunakan kuota se-extreme mungkin dan tidak perduli dengan adanya penurunan kualitas gambar dan layout website yang mungkin jadi berantakan, maka mode extreme dapat menjadi pilihan anda.

Untuk cara mengatur kedua mode kompresnya Anda bisa pilih ikon opera di kiri bawah layar -> saving mode -> pilih diantara mode yang anda inginkan.

2. Gunakan Aplikasi Opera Max 


Aplikasi Opera Max Android

Langkah kedua Jika Opera Mini mengkompres data saat browsing, Opera Max sangat direkomendasikan untuk Anda yang senang berhemat, mengambil langkah lebih maju dengan melakukan kompres data untuk keseluruhan data pada Android. Dengan aplikasi tersebut, Saya berhasil menghemat data pada aplikasi LINE sebanyak 69% dan WEBTOON sebanyak 66%.

Untuk menggunakan Opera Max cukup mudah. Download Opera Max kemudian install. Agar aplikasi ini dapat bekerja, anda perlu sambungkan terlebih dahulu ke server Opera. Buka Opera Max -> tekan tombol menu -> pilih "connect"
Anda akan dimintai konfirmasi. Centang “I trust this application” kemudian OK. Akan muncul notifikasi icon kunci di atas layar yang menunjukkan mode kompresi sedang aktif.

Tidak semua data aplikasi akan dikompres oleh Opera Max. Data yang melewati aplikasi berikut tidak akan dikompres oleh Opera Max : Facebook, Gmail, Google+, PayPal dan Twitter. Hal tersebut disebabkan karena Opera Max tidak mengompres data pribadi atau data terenkripsi. Walaupun begitu, anda akan melihat penghematan kuota pada aplikasi instagram, youtube (hanya pada video kualitas tinggi), chrome, LINE, Webtoon. Opera Max tidak akan mengompres data yang telah dikompres, sehingga data pada Opera Mini tidak akan dikompres dua kali.

Selain mengompres data, Aplikasi Opera Max pun dapat nge-blok aplikasi dari akses internet. Dengan cara ini anda bisa menghemat banyak sekali kuota terutama dari aplikasi yang sering update seperti facebook, twitter, dan aplikasi Chatting lainnya. Untuk nge-blok aplikasi dari akses internet, buka Opera Max-> tekan tombol menu -> App management -> tab Mobile Access. Di tab tersebut, di sebelah kanan terdapat list aplikasi yang dapat anda blok akses internetnya.

3. Matikan Update Otomatis Playstore



Salah satu hal yang dapat menguras banyak kuota internet Anda adalah update otomatis yang rutin dilakukan oleh Google Play. Untuk menghemat kuota internet, sebaiknya matikan update otomatis dan lakukan update hanya saat anda terhubung ke jaringan Wi-fi.

Untuk cara mematikan update otomatis, langkahnya : buka aplikasi Play Store, Geser layar dari kiri ke kanan untuk membuka navigation bar, pilih Setting. Pilih “Auto-Update Apps” dan centang “do not auto update apps” jika anda ingin mematikan update otomatis, atau “auto-update apps over Wi-fi only” jika anda ingin mengaktifkan auto update hanya saat terhubung ke Wi-fi.


Itulah referensi singkat mengenai Cara Menghemar Kuota Internet Di Android. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda maka jangan lupa dilike dan dishare ya. Terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menghemat Kuota Internet Android"

Post a Comment